Indonesia Wonder

Loading
English Version | Bahasa Indonesia
Friday, November 24, 2017

IndonesiaWonder.com Crews

Publish 13-06-2012 08:47:52 by Admin

Organization Structure of IndonesiaWonder.com


Initiator, Founder and General Director : Mahyudin Al Mudra, SH, MM.

Consultant : Aris Arif Mundayat, Ph.D

Hari Dendi

Marketing Communications : Yuhastina, SST. Par., MA

Chief Editor : Mahyudin Al Mudra, SH, MM.

Editorial Staff : Adi Tri Pramono, S.Fil

Elisabeth Murni

Samsuni S.Th.I., M.A.

An Ismanto

Iswara N. Raditya

Tunggul Tauladan, S.S.

Yusuf Efendi

Brian Reza Daffi, S.S.

Apri Widiastuti, S.S.

Web Design Consultant : Ong Harry Wahyu

Photograph Consultant : Aam Ito Tistomo

Programmer : Wahyu Widodo, S.Kom

Cahyono

Web Designer : Titoaphe

Harun Rasyid

Muhammad Mujtahidin

Diki Sutanto

 

 

Mahyudin Al  MudraMahyudin Al Mudra, SH, MM, adalah Pendiri dan Pemimpin Umum IndonesiaWonder.com, Bang Mam panggilan akrab beliau lahir  pada tanggal 4 Juli ini merampungkan pendidikan S1 Fakultas Hukum dan S2 Magister Management dari Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Beliau pernah mengenyam studi banding/vocational training selama 3 bulan di New York, Washington, Baltimore dan Virginia atas undangan dan biaya The United States Information Agency (USIA) bidang International Visitor. Beliau juga sempat kuliah di Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Saat ini Mahyudin Al Mudra sedang menyelesaikan tesisnya pada Program Pascasarjana UGM jurusan Antropologi Budaya.

Aktivitas Bang MAM dalam bidang kebudayaan juga telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak, baik berupa penghargaan ataupun gelar adat. Bang MAM sangat aktif dalam mengembangkan dan melestarikan budaya dan pariwisata melalui kajian-kajian sejarah dan budaya dengan memanfaatkan media, khususnya teknologi informasi untuk mengenalkan budaya dan pariwisata Indonesia ke dunia internasional. Hingga saat ini, beliau  aktif mengisi berbagai seminar budaya sebagai pemakalah, di dalam dan di luar negeri. Selain sebagai pemerhati budaya, beliau juga hobi traveling, hampir seluruh nusantara telah dikunjungi dan empat benua telah dijelahinya sembari mempraktekkan ilmu photography yang beliau minati.

 

----||----


Aris Arif  MundayatAris Arif Mundayat, Ph.D adalah Konsultan IndonesiaWonder.com. Selain itu Mas Aris sapaan akrab beliau juga menjabat sebagai kepala PSSAT-UGM (Pusat Studi Sosial Asia Tenggara-Universitas Gadjah Mada).  Ia mengenyam pendidikan sarjana muda sampai pasca sarjana di Jurusan Antropologi, Universitas Gadjah Mada dari 1982 sampai 1986. Sementara gelar doktor  ia peroleh dari Swinburne University of Technology, Hawthorn, Victoria, Australia pada tahun 2005.

Di samping itu, Mas Aris tercatat sebagai pengajar senior di Jurusan Antropologi Fakultas Ilmu Budaya, program Magister Manajemen, serta program pascasarjana UGM untuk mata kuliah Antropologi, Kajian Media dan Budaya, dan Politik Lokal dan Otonomi Daerah. Ia pernah menjabat posisi direktur penelitian di Women’s Research Institute (Jakarta) periode 2006-2007.

Ia menerima beasiswa Meyer Fellowship di NUS pada 2006 dan menjadi peneliti tamu di Jurusan Asia Tenggara, Cornell University pada 1992-1993. Beasiswa lain yang ia dapat adalah dari La Trobe University di tahun 2004. Mas Aris juga pernah melakukan penelitian di Walailak University, Thailand, melalui proyek SEASREP. Kesibukan  Mas Aris yang lain adalah mengisi seminar dan mengajar di berbagai universitas baik di dalam maupun luar negeri.

 

----||----


Ong Hary  WahyuOng Hari Wahyu adalah Konsultan Desain Visual JogjaTrip.com. Ong Hari Wahyu atau biasa disapa Mas Ong, merupakan pionir yang menjadikan sampul buku seperti kanvas karya seni.

Mas Ong telah membuat ratusan sampul buku dari sekian banyak penerbit.  Mas Ong memiliki latar pendidikan seni yakni pernah kuliah di Institut Seni Indonesia .Visual Artist kondang di Indonesia ini  juga penggiat seni dan budaya. Ia mempunyai komunitas seni di kampung Nitiprayan, dimana ia  tinggal sejak tahun 1979.

Mas ong juga seringkali diminta menjadi Kurator Lukisan dalam pameran lukisan dan juga menjadi Art Director dalam film Daun Di Atas Bantal yang disutradarai oleh sineas terkemuka Indonesia Garin Nugroho. Kesibukan lainnya adalah sebagai dosen tamu di berbagai sekolah desain visual baik di dalam maupun luar negeri dan Art Director di setiap pertunjukan monolog Butet Kertarajasa dkk.

 

 

----||----


Aam Ito  Tistomo, AmdAam Ito Tistomo, Amd adalah konsultan Photography JogjaTrip.com, selain itu juga Pimpinan dan Pengajar di  Lighthouse Taining Center (LTC) sebuah lembaga kursus fotografi online dan prifat. LTC telah banyak menghasilkan puluhan alumni dari berbagai daerah. Mas Aam sapaan akrabnya lahir di Pemalang, Jawa Tengah 10 Maret 1965. Ia sempat kuliah di Jurusan Filsafat, Universitas Gajah Mada (UGM), tapi tidak terselesaikan karena kesibukannya pada pekerjaan. Kemudian ia mengambil kuliah Photografi di Akademi Desain Visi Yogyakarta (ADVY) yang sekarang berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Yogyakarta (STSRD). Ayah tiga anak ini sangat senang dengan dunia fotografi dan mengajar. 

 

 

 

----||----


Naina

Yuhastina, SST.Par, MA adalah Marketing Comunications di JogjaTrip.com. Gadis yang akrab disapa Naina ini sangat berminat pada kajian budaya dan pariwisata. Ia juga punya hobi travelling, oleh karena itu ia mengambil jurusan Pariwisata di Universitas Udayana, Bali. Selama menempuh studi ia juga bekerja di bidang pariwisata yakni di perhotelan, airlines dan travel biro. Setelah merampung kuliahnya di pulau Dewata  kemudian ia bekerja di negeri Jiran Singapura dan Malaysia selama beberapa tahun. Pada  tahun 2006  ia memutuskan kembali ke tanah air dan melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada, jurusan Antropologi Budaya karena ketertarikannya pada ilmu budaya dan ia berhasil meraih gelar Master of Arts dengan Tesis Diaspora Orang  Minangkabau di Yogyakarta.


Pulau Bali dan Jogjakarta adalah dua kota di mana ia dibesarkan dan menuntut ilmu, menurutnya kedua kota ini mempunyai ikatan emosional yang kuat dan  dalam dengan dirinya. Ia amat mengagumi kekayaan budaya yang dimiliki oleh Jogjakarta  dan Pulau Bali. Ketika tinggal di Bali ia selalu menyempatkan lari pagi di Pantai Kuta dan makanan favoritnya adalah nasi Jinggo. Sekarang ia menetap di Kota Gudeg yang tenang dan tentram serta masyarakatnya yang ramah dan bersahabat. Makanan favoritnya di Jogja adalah gudeg kering dan bakpia pathuk. Naina sangat mengagumi dan  bangga akan kekayaan alam, sejarah dan budaya yang dimiliki Indonesia.

 

----||----


Adi Tri Pramono. Tidak salah memang, jika pria dengan tubuh ideal menuju gemuk ini, sosoknya tepat disimpulkan dengan frase seger sumyah.  Pelahap rupa-rupa makanan non-pare (*kenapa juga Pare mesti diciptakan Tuhan!!) ini mbrojol 25 tahun yang lalu, tepat pada hari Senin Wage. Jejoko aseli  Mbanjarnegara ini memang anti dengan buah-sayur Pare yang memiliki bentuk, dan klasifikasi yang tidak konsisten serta rasa yang amburadul.

Kembali ke frase seger sumyah, Pram adalah redaktur Jogjatrip.com yang dituntut harus bagas waras perkasa dalam mengisi konten jogjatrip.com.  Mulai bisa menulis sejak SD, tulisan Pram mulai beredar terutama setelah sempat nangkring sejenak sebagai wartawan di harian Jawa Pos. Sebelumnya, hobi menulisnya hanya tertuju pada tema-tema ngilmiah tentang Filsuf Martin Heidegger. Pram, sempat kuliah di Fakultas Ekonomi sebelum akhirnya mursal dan teteg mengambil jurusan Filsafat. Kedua jurusan itu ditempuh di Universitas Gadjah Mada yang masyhur itu.

Saat ini, fans akut dari angkringan Panut Klebengan serta kios cerutu pojok Tugu ini menetap di Jalan Kaliurang km.15 atau sekitar 30 kilo arah utara dari kantor pusat Jogjatrip.com. Di jogjatrip.com, Pram bertanggung jawab untuk mengisi konten menu-menu budaya dan tentu saja kuliner-kuliner miroso yang nonjok rasanya. Selain kesibukan itu, alon-alon asal kelakon, pria yang gandrung dengan grup band Sigur Ros ini, meneruskan kembali studinya di program pascasarjana dengan konsentrasi studi ekonomi di Universitas Islam Indonesia yang juga mashyur itu. Terakhir, Pram juga tercatat mengajar filsafat di Universitas Terbuka, Yogyakarta.

 

----||----


Elisabeth Murni, bercita-cita menjadi penari dan sinden. Namun hanya sebatas cita-cita, sebab minat tidak didukung dengan bakat. Setelah menyadari bahwa tidak ada harapan baginya untuk mengenalkan kebudayaan Jawa lewat panggung seni pertunjukkan, sulung dari dua bersaudara ini memutuskan untuk mengenalkan keindahan alam dan budaya Jogja melalui tulisan. Ingatannya yang sedikit tajam tentang legenda, mitos, dan cerita rakyat yang beredar di Jogja serta hobi mblusuk mengantarkannya menjadi kru termuda di Jogjatrip.com. Di tengah kesibukannya sebagai redaktur Jogjatrip.com, gadis yang akrab dipanggil Sasha ini sering menghabiskan waktu dengan menyambangi sudut-sudut Kota Jogja untuk memotret senja. Saat ini, Sasha juga tengah merampungkan studinya di jurusan Sastra Inggris Universitas Negeri Yogyakarta.

 

 

----||----

 


Samsuni, S.Th.I., M.A. atau akrab dipanggil Sam ini adalah redaktur di IndonesiaWonder.com. Pria kelahiran Soppeng, Sulawesi Selatan, ini sudah mengenal Kota Jogja sejak tahun 1998 ketika ia mulai mengenyam pendidikan S1 di UIN Sunan Kalijaga. Pada tahun 2004, ia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Gadjah Mada Jurusan Antropologi dan berhasil meraih gelar Master tahun 2008. Selama kurang lebih 10 tahun berdomisili di Jogja, kedekatannya dengan budaya Jawa, khususnya budaya unggah-ungguh masyarakat Jogja membuat pria hitam manis ini semakin kerasan tinggal di Kota Gudeg ini. Melalui Jogjatrip.com mari kita bangun Kota Jogja menjadi kota idaman setiap orang!

 

 

 

----||----


An. Ismanto, lahir di Bantul, 13 Agustus 1980. Saat ini ia masih berusaha menyelesaikan studi tingkat akhirnya di Program Studi Sastra Inggris FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Dia menjadi editor di JogjaTrip.com.

 

 

 

 

 

 

 

----||----


Tunggul Tauladan, S.S., lahir di Yogyakarta, 13 September 1982. Pernah bekerja di Indonesia Boekoe (2006-2008) sebagai penulis dan editor sejumlah buku dengan tema sejarah, politik, dan pers. Terlibat penulisan di beberapa buku, antara lain: Tanah Air Bahasa (Indonesia Boekoe, 2007) dan Seabad Pers Kebangsaan (Indonesia Boekoe, 2008).

Sempat menjadi editor buku: Dia.Ri: Seratus Tokoh Politik di Jalur Parlementer (Indonesia Boekoe, 2008), Almanak Abad Partai Indonesia (Indonesia Boekoe, 2008), dan Kronik Seabad Kebangkitan Nasional 1908-2008 (Indonesia Boekoe, 2008). Kini, pria yang menamatkan pendidikan S1 Ilmu Sejarah, Universitas Negeri Yogyakarta pada 2006 ini, bekerja sebagai redaktur Jogjatrip.com

 

 

----||----


Yusuf Efendi, lahir di Madiun, Jawa Timur. Yogyakarta sebagai kota pelajar dan budaya telah dikenalnya sejak masa remaja. Maka dari itu, setelah lulus dari Sekolah Menengah Umum (SMU), Yusuf Efendi remaja merantau ke Yogyakarta dan akhirnya dapat menyelesaikan kuliahnya di Universitas Ahmad Dahlan jurusan Psikologi (S1) dan Universitas Gadjah Mada jurusan Antropologi (S2) serta saat ini bekerja sebagai redaktur di JogjaTrip.com, yakni sebuah website yang peduli terhadap pelestarian tradisi budaya dan kekayaan alam Yogyakarta. 


Praktis selama masa kuliah hingga sekarang, Yogyakarta telah menjadi bagian dari kehidupannya. Kebudayaan Jawa yang dibawanya dari kampung semakin kuat dan menubuh pada diri dan imajinasinya, seiring persentuhannya dengan beragam tradisi budaya Yogyakarta yang tidak jauh berbeda dengan tradisi kampungnya. Latar belakang ini pula yang membuatnya dapat mengembangkan rasa kebudayaannya di JogjaTrip.com.

 

 

 

 

 

 

 

----||----


Brian Reza Daffi, yang lebih akrab disapa Reza, bekerja di dapur Jogjatrip.com sebagai penerjemah bahasa Inggris. Sebelum bergabung dengan situs ini, ia belajar di Jurusan Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada dan lulus pada tahun 2009 lalu. 

Ia tumbuh di Jogja—sebelumnya tinggal di Pracimantoro, kampung halaman Mr. Rigen dalam Mangan Ora Mangan Kumpul Umar Kayam yang sangat nJogjani itu—dan telah merasa menjadi bagian dari kota pelajar itu. Yogyakarta adalah rumah sederhana yang hangat. Ia cinta rumahnya.

 

 

 

 

----||----


Apri Widiastuti, berasal dari Salatiga dan meraih gelar Sarjana Sastra di Jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya UGM. Saat ini bekerja sebagai penerjemah untuk jogjatrip.com dan freelance di beberapa penerbit. Salah satu buku pendidikan yang pernah dia terjemahkan adalah Cara Menangani Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus: Panduan Guru dan Orang Tua (Chris Dukes dan Maggie Smith). Disiplin, kerja keras, dan doa adalah kunci sukses yang selalu menjadi pedomannya. Cita-citanya sederhana saja: berperan serta dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia. Untuk itu, selain menerjemahkan dia juga pernah memberi bimbingan khusus Bahasa Inggris untuk siswa di Yogyakarta. Bekerja keras bukan berarti dia tidak meluangkan waktu untuk have fun. Setiap akhir pekan, dia selalu menyempatkan diri untuk nongkrong di coffeshop atau nonton film bersama teman-temannya. Banyak teman yang menganggapnya workaholic, tapi dia selalu menjawab ”I am not a workaholic, just simply a hardworker.”

 

----||----


chayoCahyono, pria kelahiran Indramayu 5 Mei 1987 ini lebih suka dipanggil cHayo. Baginya kata cHayo yang berarti semangat mampu mendorongnya serta mengingatkan untuk terus bersemangat dalam menjalani hidup. Bergabung dengan JogjaTrip.com sebagai tim programmer merupakan kebanggaan tersendiri baginya. Saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa Politeknik LP3I Bandung, program studi Manajemen Informatika 2007. Menurutnya Jogja adalah kota yang sangat menyenangkan sehingga membuatnya merasa betah tinggal di kota ini. AYO bangun Jogja bersama JogjaTrip.com.

 

JogjaTrip.com dibuat untuk Anda, kalian, dirimu, jenengan, pokoke sedoyo ingkang remen ning Jogja.

 

 

----||----


wahyuWahyu Widodo, S.Kom., sosok yang akrab di panggil Wiwit ini merupakan pria  kelahiran Purworejo, Jawa Tengah. Kalem, baik hati, tidak sombong, dan suka menabung adalah ciri–cirinya. Menyelesaikan studi S1 Teknik Informatika di STMIK El Rahma Yogyakarta  pada bulan Oktober 2008. Kecintaannya dengan dunia pemrograman web database mengantarkannya menjadi salah satu web developer diIndonesiaWonder.com. Selain itu juga sebagai konsultan IT dan programer freelance khususnya web dan aplikasi desktop.

 

 

 

 

 

----||----

 

 




Read : 1296 time(s).